Monday, September 9, 2013

bagaimana cara menang kontes seo

Bagaimana cara menang kontes SEO? Pertanyaan ini baru saja diajukan oleh seorang komentator, tapi sebenarnya pertanyaan ini tidak tepat ditujukan ke saya. Alasannya ada dua; Pertama, saya tidak pernah mengikuti kontes SEO dengan tujuan memenangkan kontes.... Kedua, pada dasarnya saya tidak begitu setuju dengan keberadaan kontes SEO.

Alasan saya tidak begitu setuju dengan kontes SEO bisa dibaca di artikel KONTES SEO NEWBIE VS MASTER. Jadi saya benar-benar bukan orang yang tepat untuk menjawab ini. Seharusnya pertanyaan seperti ini diajukan ke mereka yang pernah memenangkan kontes SEO....

Tapi tentu saja saat anda menanyakan ini, kemungkinan besar anda akan diacuhkan oleh para pemenang kontes SEO. Pertanyaan seperti ini jelas akan terdengar di telinga mereka seperti ini...."Bagaimana cara menyingkirkan anda?" atau "Bagaimana cara merebut uang jutaan rupiah yang sudah ada di depan anda?"

Jika anda berada di posisi mereka, apakah anda akan menjawab dengan jujur dan benar?....

Sebenarnya di awal memulai blog ini saya memang sempat mendaftar sebuah kontes SEO tapi tujuannya hanya untuk mengamati beberapa parameter dalam kata kunci yang sedang dikejar banyak orang. Dalam eksperimen tersebut saya memang menyadari beberapa hal yang sangat penting di dalam kontes SEO.

Jadi saya tidak akan membagikan tips bagaimana cara agar anda bisa menang kontes SEO. Artikel kali ini lebih kepada apa yang akan saya lakukan untuk memenangkan kontes SEO seandainya saya benar-benar ikut serta dalam kontes SEO. 

Believe it or not kalau ini akan berhasil .... terserah saudara saja (^_^)

Penjelasan ini akan saya bagi dalam dua versi. Pada versi yang pertama saya akan menggunakan blog yang baru saja dibuat alias masih baru. Sedangkan dalam versi kedua saya akan menggunakan blog yang sudah punya cukup reputasi.

Cara Menang Kontes SEO dengan Menggunakan Blog Baru
Seandainya saya harus mengikuti kontes SEO berhadiah 5 juta ke atas dengan bermodalkan blog baru, maka bisa dikatakan ini adalah misi yang amat sulit. Jika anda adalah seorang blogger pemula, maka rasanya ini adalah sebuah kemustahilan... (tanpa bermaksud mematahkan ambisi anda, hanya bersikap realistis)

Jadi jika anda adalah seorang blogger baru, ada baiknya anda mengikuti kontes SEO yang berhadiah menengah saja, seperti 1-2 juta rupiah. Itupun dengan harapan para master melewatkan kontes SEO kecil ini. Kalau ternyata para masternya lagi lapar, maka perjalanan anda kemungkinan besar akan menjadi kesia-siaan saja.

Tapi tentu saja keputusan akhir ada di tangan anda. Jadi saya akan langsung saja membahas cara apa yang akan saya tempuh jika harus membangun blog baru untuk mengikuti kontes SEO. Yang akan saya lakukan adalah memastikan segala sesuatunya teroptimasi dengan baik. Untuk lebih detilnya mungkin inilah yang akan saya lakukan:
Saya harus mengikuti kontes SEO ini secepat mungkin, karena semakin banyak waktu yang tersedia, maka semakin banyak hal yang bisa dilakukan
Saya akan menggunakan template yang SEO friendly untuk memastikan struktur Optimasi SEO onpage blog saya sudah benar. Lebih lengkapnya baca Kriteria Template SEO Friendly.
Tentu saja saya juga akan mengaktifkan meta description dan mengisi setiap artikel dengan meta description
Blog baru ini akan saya buat menjadi blog yang sesuai dengan tema kontes,.... artinya setiap 2 hari sekali saya akan memposting 1 artikel yang sesuai dengan topik sebagai penunjang artikel kontes (di setiap artikel baru akan ada 1 link yang menuju artikel kontes)
Artikel kontes dioptimasi layaknya homepage, itu artinya link halaman artikel kontes akan saya letakkan di posisi yang paling pertama di tiap halaman
Membangun dummy blog untuk link wheel (setidaknya sampai 3 level link wheel) juga bisa dipertimbangkan
Semua tahap di atas akan menyita banyak waktu, jadi backlink akan menjadi masalah besar karena tidak akan ada cukup waktu,.... itu berarti semua backlink harus berkualitas dan dofollow. Jadi jika backlinknya tidak tertancap di sidebar, maka saya akan memastikan backlink itu mempunyai Google Pagerank minimal 2.
Saya akan menggunakan Senin-Kamis mencari backlink untuk homepage dan artikel kontes, sedangkan Jumat sampai Minggu untuk link wheel level 1 sampai 3....
Jadi kira-kira itulah yang akan saya lakukan jika ingin menang kontes SEO dengan menggunakan blog yang masih baru.... Tantangan terbesarnya adalah menjaga agar tidak terjadi over optimization, karena itu berarti SAND BOX.

Apakah ada di antara anda yang pernah merasakan sand box saat mengikuti kontes SEO.... Bagaimana rasanya jika semua "penderitaan" di atas berakhir di sandbox? Yup....its sucks!

Bagaimana cara memenangkan kontes SEO dengan blog bereputasi
Tentunya blog bereputasi ini tidak akan sesulit blog baru, tapi ada beberapa hal yang harus saya perhatikan jika saya mau memenangkan kontes SEO yang besar.... Jadi inilah yang akan saya lakukan:
Saya akan mengikuti kontes sekitar 1 bulan terakhir saja.... Dengan harapan algoritma fresh content Google Panda akan berpihak pada artikel baru saya.
Setelah membuat artikel, maka high pagerank backlink menjadi pekerjaan yang harus dirampungkan. Harus ada ledakan backlink dengan pagerank tinggi dalam 3-7 hari. Dengan menggunakan blog bereputasi, resiko terjebak over optimization itu menjadi kecil.
Menaruh link artikel kontes SEO di bagian-bagian awal template (tentunya ini akan menurunkan trafik untuk 3-7 hari)
Tiga hal di atas adalah tugas utama yang perlu saya lakukan dengan konsisten....Saya juga perlu memperhatikan apakah 1 bulan terakhir itu keputusan yang tepat. Jangan sampai saya melewatkan  periode update pagerank....karena jika terlewat, maka moment pelipatgandaan poin halaman bisa hilang. Jadi tentunya di sini saya agak sedikit bertaruh.....

Kira-kira itulah cara yang akan saya tempuh untuk menang kontes SEO, jika seandainya saya benar-benar mengikuti kontes SEO. Sebagai penutup saya mau menekankan bahwa kuncinya ada di HIGH PR BACKLINK.... Ok, sukses buat kontes SEO anda.

0 comments:

Post a Comment